4 Kriteria Pelamar Menurut HRD yang Bagus

Banyaknya persaingan kerja terjadi saat ini membuat perlombaan mencari kerja semakin ketat, dan itu adalah tugas dariseorang HRD dalam menentukan orang yang akan diterimanya atau tidak untuk dapat bekerja dalam sebuah perusahaan.

Sebelumnya untuk HRD sendiri merupakan singkatan dari Human Resource Departement. atau dengan bahasa kita menyebutnya dengan "Departemen Sumber Daya Manusia (SDM)".

Tugas dari HRD sendiri sangat terlibat dalam prosedur berkelanjutan yang bertanggung jawab untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat.

Diambil dari Linkedin yang mana dalam postingan seorang HRD yang bernama Bapak Sucianto Trisedjati, yang memiliki jabatan sebagai "Senior Recruitment Staff at Orang Tua Group" membagikan dalam postingannya dia mengatakan :
Gambar : hipwee.com

Didalam dunia HR saya membagi kandidat menjadi beberapa kategori:

Exellent

Kategori ini adalah orang yang memiliki skill dan muscle knowledge yang unik dan pastinya attitude OKE

Good

Kategori ini adalah orang yang tidak memiliki skill atau muscle knowledge yang unik tapi attitudenya OKE

Danger 

Kategori ini adalah orang yang memiliki skill atau muscle knowledge LUAR BIASA tapi attitudenya TIDAK OKE

Plain 

Kategori ini adalah orang yang tidak memiliki skill atau muscle knowledge dan attitudenya GELENG-GELENG

Nah dari sedikit kesimpulan yang bisa kita ambil adalah "ATTITUDE is Number 1". Kenapa ATTITUDE penting? karena ATTITUDE tidak bisa di training, tidak bisa di programming, tidak bisa dicoaching, ATTITUDE terbentuk dari pengalaman individu selama dia hidup, jadi seperti mengkristal, sulit diubah.

Sehingga ketika memilih kandidat yang memiliki ATTITUDE yang tidak OKE, yang tidak cocok dengan culture company, tidak cocok dengan user, maka akan berakibat fatal. Jadi, walaupun kita memiliki skill yang kurang mumpuni namun Attitude bagus maka akan ada harapan, karena Skill bisa dikembangkan dan diperbagus.
4 Kriteria Pelamar Menurut HRD yang Bagus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel