5 Tips Menghadapi Pertanyaan Wawancara Kerja Untuk Pemula

Bagi yang belum pernah menghadapi wawancara kerja, tentunya fase yang satu ini sangat memacu adrenalin. Bahkan tidak jarang membuat gerogi saat menghadapi pertanyaan wawancara kerja untuk pemula. Agar tidak mengalami kesulitan saat menjawab pertanyaan.

Pertanyaan wawancara kerja untuk pemula sebetulnya tidak terlalu sulit hanya bagi seorang pemula, hal tersebut cukup membuat kesulitan dan merasa grogi ketika menghadapi pertanyaan tersebut. Rasa ketakutan salah dalam menjawab pertanyaan kerap menyelimuti para pemula. Dengan demikian bayangan buruk kerap mengintai mereka.
Baca juga : Walaupun Fresh Graduate Bisa Kok Gaji 2 Digit, Dengan Syarat?
Mereka merasa ketakutan akan tidak diterima oleh perusahaan, untuk melamar pekerjaan tersebut. Oleh sebab itu, dalam menghadapi pertanyaan wawancara kerja untuk pemula perlu mempelajari tips dalam menghadapi wawancara kerja untuk pemula tersebut. Berikut ini tipsnya :

1. Menguraikan dengan jelas dan terperinci tujuan dari melamar pekerjaan.
5 Tips Menghadapi Pertanyaan Wawancara Kerja Untuk Pemula
Gambar : tribunnews.com
Anda melamar kerja pastinya memiliki tujuan yang ingin dicapai, rata-rata si pewawancara akan bertanya, apa alasan anda melamar kerja di perusahaan kami. Jawaban yang harus diberikan adalah sedikit menyanjung perusahaan tersebut seperti "saya melamar pekerjaan ini karena perusahaan ini memiliki intergritas yang tinggi dan memiliki jenjang karir yang bagus untuk karyawannya" silahkan berikan jawaban lainnnya yang bagus menurut anda, dan janganlah memberikan jawaban dengan tergesa-gesa, santai dan rilek saja.

2. Mempelajari visi dan misi perusahaan.
5 Tips Menghadapi Pertanyaan Wawancara Kerja Untuk Pemula
Gambar : ppid.jakarta.go.id
Perusahaan yang kita lamar tentunya memiliki visi dan misi, nah karena itu usahakan pertanyaan yang berhubungan dengan perusahaan sebaiknya anda menjawabnya saling terkait dengan visi misi dari perusahaan tersebut.

3. Sebaiknya mengetahui dengan lebih baik mengenai latar belakang perusahaan atau profil perusahaan.
5 Tips Menghadapi Pertanyaan Wawancara Kerja Untuk Pemula
Gambar : tumpi.id
Kenali perusahaan yang dilamar, semakin dalam anda mengetahui tentang perusahaan tersebut akan semakin baik, anda bisa melihat dan mempelajari tentang perusahaan tersebut melalui profil perusahaan yang ada pada websitenya ataupun mencari tahu di internet bagaimana profil dan latar belakang perusahaan tersebut.

4. Menggunakan bahasa yang singkat dan lugas, serta tidak bertele - tele.
5 Tips Menghadapi Pertanyaan Wawancara Kerja Untuk Pemula
Gambar : haluankepri.com
Berbicaralah dengan tenang dan jangan canggung mengatakan yang ingin anda sampaikan, yang penting jangan keluar dari topik pembahasan, sampaikan saja jawaban yang bersangkutan dengan pertanyaan yang diberikan pewawancara, yang penting jangan kaku dan bawa diri anda tetap rileks karena dengan rileks dan tenang anda masih bisa mengendalikan diri dengan baik.


5. Hindari penggunaan bahasa daerah.
5 Tips Menghadapi Pertanyaan Wawancara Kerja Untuk Pemula
Gambar : femina.co.id
Walaupun perusahaan tersebut berada di daerah anda, usahakan tetap dalam keadaan formal, maksudnya jangan sampai terbawa dengan kondisi tempat, jawablah pertanyaan si pewawancara dengan bahasa Indonesia dan usahakan tidak menggunakan bahasa daerah, namun jika sipewawancara membawa santai dan malah menyuruh untuk menggunakan bahasa daerah, maka itu tidak ada salahnya.

Itulah beberapa tips dalam menghadapi pertanyaan wawancara kerja untuk pemula agar pewawancara dapat mempertimbangkan keputusan diterima atau tidak dalam melamar pekerjaan tersebut. Namun jangan terlalu khawatir, grogi atau panik yang justru dapat menghilangkan konsentrasi saat menjawab pertanyaan saat interview.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel