Cara Lamar Kerja Lewat Email yang Baik dan Benar! [Update 2020]

Melamar pekerjaan saat ini sudah memiliki berbagai caranya yang berfungsi guna untuk mempermudah para pelamar kerja mengirimkan lamaran tanpa harus pergi ke kantor atau ke perusahaan tersebut.

Sebelumnya sebelum mengenal dunia Internet melamar pekerjaan biasanya mengirimkan berkas diantar langsung ke alamat perusahaan ataupun via Pos Indonesia. Dan kita rangkum ada beberapa cara melamar pekerjaan dizaman modern ini, yaitu :

Mengirim lamaran via :
  1. Diantar Langsung
  2. Jasa pengantar surat / Pos dan sebagainya
  3. Email 
  4. Submit langsung ke website perusahaan
  5. Kalau ada yang lain mohon bantuan tambahannya ya :D
Cara Lamar Kerja Lewat Email yang Baik dan Benar!
Gambar : lifepal.co.id
Nah kali ini kita bahas mengirimkan lamaran secara instan via Email, banyak terjadi kesalahpahaman dari para pelamar karena kurang membaca syarat yang dibutuhukan oleh perusahaan perekrut, ada juga yang mengirimkan surat lamaran saja dan juga ada yang mengirim hanya CV saja tapi lupa menyertakan berkas pendukung lainnya seperti ijazah dan berkas lain yang diperlukan.

Berikut Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email yang Baik dan Benar!

1. Persiapkan CV Anda
Sebelum melakukan kirim lamaran tentu saja kita wajib memiliki CV yang sangat dibutuhkan oleh HRD yang nantinya ini akan menjadi identitas lengkap diri kita yang langsung diketahui oleh HRD tersebut, percaya atau tidak percaya seorang HRD hanya membutuhkan waktu 15 hingga 30 detik saja untuk mengetahui seluruh detail tentang diri anda.[Baca juga : Daftar 5 Perusahaan BUMN dengan Gaji Tertinggi di Indonesia]

Saran dalam pembuatan CV. buatlah CV tersebut dengan isi dan penjelasan tentang anda didalamna sangat jelas dan membuat HRD tidak bertanya lagi tidak anda, dengan kata lain HRD paham tentang anda melalui CV tersebut, Buatlah CV dengan jujur tentang siapa diri anda. 

2. Berkas pendukung seperti Ijazah, transkrip nilai dan KTP
Setelah CV pastinya berkas pendukung ini membuat lengkap tentang diri anda seperti identitas (KTP), ijazah, daftar nilai dan lainnya yang menjadi pelengkap diri anda agarbisa maksimal.

3. Ukuran File CV dan pendukung
Untuk kapasitas ukuran file dari cv dan juga file pendukung setidaknya dengan ukuran CV maksimal 5 MB sedangkan dokumen pendukung lainnya maksimal 1 MB per file.

4. Gunakan alamat email yang formal
Setelah semua lengkap yang wajib anda miliki pastinya Alamat email (jangan numpang ke email kawannya ya :D...), yang harus ditekankan disini yaitu alamat email yang anda gunakan memiliki alamat email formal jangan dengan alamat email yang acak-acakan, lihat gambaran dibawah ini.
  • Alamat email Formal :
    • idrissardi@gmail.com
    • junaidialbert@gmail.com
    • dll yang berhubungan dengan nama formal anda
  • Alamat email yang kurang bagus
    • rinoganteng@gmail.com
    • dinialay@gmail.com
    • rindu1234567@gmail.com
    • dll
dari gambar 2 jenis diatas bisa kita pahami sendiri bahwa email dengan alamat formal dan jelas, membuat kita yakin bahwa benar-benar serius dalam melamar kerja, bayangkan jika anda mengirim lamaran melalui alamat email yang kurang bagus tersebut, pastinya tidak apa-apa juga sih, namun agak sedikit kurang bagus nantinya di pandang HRD.

Jika ingin membuat email yang lebih berkualitas, buatlah email dengan domain sendiri, misal nya afifah@gudangloker.com, atau domain lainnya yang benar-benar punya anda sendiri, dengan domain email milik sendiri akan membuat anda lebih berkelas dan terkesan benar-benar mempersiapkan diri untuk megirim lamaran kerja tersebut.

5. Ikuti format cara melamar pekerjaan lewat email yang benar
Saat mengirim lamaran kerja melalui email, ada beberapa hal yang anda isi. Untuk lebih jelasnya, lihat dibawah ini

To (alamat email HRD perusahaan)
CC (bila diinstruksikan)
Subject (Isi dengan posisi lamaran yang dipilih)

Selamat pagi, berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya temukan di internet (sebutkan medianya misal gudangloker.com) untuk posisi Management Trainee di PT ABC, dengan ini saya menyatakan ketertarikan untuk melamar jabatan tersebut.

Berikut ini adalah informasi tentang diri saya:

Nama:.......................................
Alamat, TTL:............................
Pendidikan:...............................
Pengalaman kerja:.....................

Saya juga melampirkan CV dan berkas lainnya dalam surat ini agar Bapak/Ibu bisa mempertimbangkan saya sebagai kandidat yang terpilih ke proses selanjutnya.

Besar harapan saya agar bisa masuk dalam proses seleksi dan menghadiri sesi wawancara bersama dengan Bapak/Ibu untuk mengenal lebih baik kemampuan diri saya.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,
(Nama pelamar)

Itulah sedikit format singkat yang bisa anda gunakan ketika melamar pekerjaan melalui email. tidak harus sama persis dengan isi diatas, tetapi isinya kurang lebih harus mengandung beberapa informasi di atas, jika ada yang dirasa perlu anda tambahkan silahkan isi dengan semenarik mungkin.

6. Kirim di hari selain sabtu dan minggu
jika semua sudah siap dan bersedia untuk dikirim, ingat terlebih dahulu buat teman-teman yang akan mengirim email lamaran kerja. Kirimlah pada hari selain hari sabtu dan minggu, karena hari tersebut hari libur dan kebanyakan HRD pasti akan malas membacanya hehe
Komentar Via Facebook

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel