Yuk Intip Gaji Pilot di Indonesia, Capai 50 Jutaan lho !

Penerbangan yang ada di Indonesia bisa dibilang sudah sangat bagus dan juga dengan fasilitas yang ada membuat penumpang betah dengan yang disediakan. Bercerita tentang penerbangan tentunya sebuah pesawat ada yang mengemudikannya yakni seorang yang disebut dengan Pilot, dan juga ada pihak yang membantu pilot tersebut yaitu kopilot dan juga Second Officer nya.

Untuk pilot sendiri sekolahnya juga tidak mudah dan juga memakan biaya yang tidak sedikit. Sebelumnya mari kita coba ulas sedikit tentang apat itu Pilot, Ko-pilot dan posisi lainnya yang bersangkutan, berikut penjelasan singkatnya.
Gambar : jatimtimes.com

Pilot

adalah porang yang menjadi pengemudi pesawat terbang atau bisa dikatakan dengan penerbang atau juru terbang pada pesawat terbang itu sendiri. Pilot sendiri memiliki peranan yang sangat penting dalam hal ini karena sangat menuntut keahlian / skill dalam mengemudikan sebuah pesawat, pilot sendiri harus menempuh ujian resmi yang diadakan oleh sekolah penerbangan dan otoritas penerbangan. Pilot yang boleh mengemudikan pesawat adalah yang sudah mendapatkan sertifikasi terbang atau ijazah penerbang (pilot license).

Kopilot 

adalah orang yang bertugas untuk membantu pilot dalam hal menerbangkan pesawat. Untuk syarat-syarat sebagai kopilot sebenarnya hampir sama dengan pilot, kopilot akan segera bergerak jika pilot utama tidak dapat melanjutkan penerbangan yang sedang berlangsng. Kopilot disebut juga sebagai First Officer.

Second Officer 

adalah Co-pilot yang telah memiliki jam terbang di airlines/ sudah bekerja diairlines dan memiliki 150 lebih jam terbang.

Oke dengan sedikit penjelasan singkat diatas yang mana terdapat berbagai macam jabatan pada posisi tersebut namun sebenarnya masih ada posisi lainnya yang penting namun kita bahas yag tiga diatas terlebih dahulu yang mana Berikut Nama jabatan atau pangkat Nominal gaji per bulan
  • Second Officer Rp 15.000.000 – Rp 20.000.000
  • First Officer (Co-Pilot) Rp 30.000.000 – Rp 40.000.000
  • Captain (Kapten) Rp 45.000.000 – Rp 50.000.000

Nah dari tampilan ketikan gaji diatas bisa kita lihat bahwa untuk bayaran pilot di Indonesia sendiri jika kita ambil kesimpulan saja yang paling tertinggi adalah 50 jutaan perbulan, dan jika kita kalikan1 tahun (12 bulan) maka gaji total sekitar Rp 600 jutaan belum termasuk berbagai tunjangan.

Tambahan, berikut gaji Pilot yang memiliki nilai tinggi saat ini.
  1. China - Rp 4 miliar per tahun
  2. Belanda - Rp 3,3 miliar per tahun
  3. Perancis - Rp 1,5 miliar per tahun
  4. Amerika Serikat - Rp 1,4 miliar per tahun
  5. Uni Emirat Arab - Rp 1,3 miliar per tahun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel