Fungsi dan Arti Stiker Angka pada Buah-buahan

Pernahkan teman-teman membeli buah-buah di berbagai tempat baik itu Kios ataupun di supermarket (Pasti pernah donk), dan pastinya kita mendapati stiker berbagai bentuk yang tertempel pada buah-buahan tersebut, dan stiker tersebut datang dengan angka ataupun kode yang memiliki makna tersendiri.

Bagi kita yang tidak mengetahuinya tentu saja itu tidak penting sama sekali, bahkan malah kita menganggapnya mengganggu karena membuat kita tambah kerjaan dan repot harus melepas sticker tersebut sewaktu akan memakan buah-buahan itu

Namun jika dilihat meskipun tampak tampak sepele bahkan tidak berarti, stiker atau label yang tertempel pada buah tersebut sebenarnya memiliki arti yang berisi tentang identitas produk buah yang akan kita konsumsi
Ternyata inilah Arti Stiker Angka pada Buah-buahan

Kode 4 Digit

Jika kode angka hanya ada empat digit, ini berarti bahwa produk itu tumbuh secara konvensional atau “tradisional” dengan menggunakan pupuk pestisida ataupun pupuk organik. Empat angka dari kode tersebut juga menginformasikan jenis dari masing-masing buah. Sebagai contoh, kode untuk buah pisang adalah 4011, 4032 untuk semangka dan melon, 4139 untuk apel hijau dan 4131 untuk apel Fuji.

Kode 5 Digit

Jika kodenya lima digit dan nomor dimulai dengan angka "8", ini memberitahu Anda bahwa buah tersebut adalah hasil modifikasi genetika. Modifikasi genetik artinya telah direkayasa, bukan alamiah lagi.

Jika kode angka lima digit dan nomor dimulai dengan angka "9", berarti produk itu tumbuh secara organik dan tidak dimodifikasi secara genetik.

Sebagai contoh :
  • Kode 4139 : Buah apel hijau ini ditanam secara konvensional dan tidak organik karena diberi pupuk pestisida.
  • Kode 84139 : Buah apel hijau ini ditanam secara konvensional, tidak organik dan hasil rekayasa genetik
  • Kode 94139 : Buah apel hijau ini ditanam secara konvensional dan menggunakan pupuk organik

Contoh pada pisang:

  • Kode 4011 : Buah pisang ini ditanam secara konvensional dan tidak organik karena diberi pupuk pestisida
  • Kode 84011 : Buah pisang ini ditanam secara konvensional, tidak organik dan hasil rekayasa genetik
  • Kode 94011 : Buah pisang tersebut ditanam secara konvensional dan menggunakan pupuk organik

Nah sekarang dari tulisan singkat yang entah bermanfaat atau tidak ini bisa menambah pengetahuan kita termasuk saya sendiri agar kita paham apakah buah tersebut alami atau tidak, nah kalau untuk urusan makan silahkan serahkan kepada saya :D

Jika teman-teman ada tambahan silahkan beri tambahannya pada komentar ya, biar kita sama-sama lebih mendalam mengetahuinya. Trims sudah membaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel