Apa yang Membuat Standart Gaji Itu Berbeda ?

Perusahaan kecil atau perusahaan besar yang memiliki banyak pegawai tentu saja memikirkan bagaimana bisa mendatangkan keuntungan yang lebih besar pada proyek yang dikerjakan perusahaannya, ditambah lagi dengan lapangan kerja yang diberikan harus pula memberikan upah atau gaji kepada pekerjanya yang berusaha sesuai aturan demi membuat keuntungan untuk perusahaan tersebut.

Lihat saja misalnya pada bagian Finance atau setara Bank, mereka meletakkan ujung tombak perusahaanya pada kandidat dengan posisi Sales atau Marketing serta nama lainnya, namun sama-sama kita ketahui bahwa sales rata-rata gaji pokoknya hanya UMR bahkan ada yang dibawah UMR.
Gambar : Thinkstockphotos.com
Tapi jangan salah sangka dulu, Sales biasanya akan mendapatkan bonus dari hasil marketingnya bahkan bonusnya bisa mencapai 3x dari gaji pokoknya tersebut, tergantung kemampuannya dalam ilmu marketing tersebut.

Nah itu patokan utama saja, langsung saja kita bahas Apa sih yang Membuat Standart Gaji Itu Berbeda?

1. Jenis dari Industri Perusahaan

Perusahaan yang ada di Indonesia saja sudah sangat banyak, mereka memiliki berbagai bidang pokok dalam pekerjaan, ada yang perusahaan tambang, minyak, retail, keuangan dan lainnya. Dari sini saja kita bisa membuat kesimpulan perusahaan yang lebih besar memberikan gaji adalah perusahaan tambang, namun harus tahu juga resiko bekerja diperusahaan tambang lebih besar juga bahkan ada yang resiko nyawanya sendiri. Contoh :
  • Udin sebagai staff di perusahaan tambang yang bergelut di bidang pertambangan dengan resiko besar dan juga nyawa taruhannya, dia mendapatkan gaji sekitar 10 sampai 20 juta
  • Idun sebagai staff di perusahaan keuangan/bank yang biasanya berpakaian rapi didalam kantor dan juga memiliki target dan harus mencapai target yang diberikan perusahaan resiko fatal pada dirinya bisa dikatakan tidak seberat di Udin, dan si Idun mendapatkan gaji di perusahaan keuangan kisaran 5 - 8 juta

2. Posisi dalam perusahaan

Setiap posisi yang diduduki oleh pekerja, pasti memiliki rintangan dan kesulitan yang berbeda beda, jika posisinya semakin diatas, tanggung jawabnya pasti besar pula pada perusahaan tersebut.

3. Perbedaan Financial Perusahaan

Yang ini sih bisa kita terka sendiri, perusahaan tersebut memang memiliki keuntungan yang banyak atau tidak, maka setara juga penghasilan dan pemasukan perusahaan tersebut maka juga akan berimbas pada gaji karyawannya. (biasanya sih)

4. UMP Setiap Provinsi juga berbeda

Setiap Provinsi di Indonesia memiliki tetapan gaji rata-rata atau UMP (Upah Minimum Provinsi) yang berbeda, yang membuat patokan gaji kebanyakan pada UMP tersebut, Baca juga tentang : Gaji atau UMP (Upah Minimum Provinsi) di Indonesia

Mungkin itu saja yang bisa kami rangkumkan dahulu, semoga bisa menambah pengetahuan kita termasuk Admin sendiri dalam dunia kerja. Jika ada teman-teman yang ingin menambahkan silahkan cantumkan pada kolom komentar atau jika ingin mengirim artikel untuk kami publikasikan silahkan kirim Kesini
Komentar Via Facebook

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel