7 Negara Dengan Rata-Rata Gaji Guru Terendah di Dunia

7 Negara Dengan Rata-Rata Gaji Guru Terendah di Dunia
Gambar : salamadian.com
Hari guru yang selalu diperingati setiap tanggal25 November membuat semangat guru guru kita semakin kuat untuk mencerdaskan anak bangsa. Apalagi saat ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang baru yaitu Bapak Nadiem Makarim, yang dahulunya adalah seorang CEO memberikan sambutan dalam peringatan tersebut.

Dengan naskah pidato yang diberikan oleh Mentri membuat viral di berbagai media sosial serta sudah menjadi perbincangan netizen. Profesi guru saat ini tidaklah mudah karena tidak bisa dipungkiri lagi kesejahteraan profesi guru di Indonesia masih belum merata di seluruh daerah.

Bahkan dengan adanya konsep Honorer saat ini membuat guru mendapatkan upah yang didapatkan sangat minim guna memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Namun kita langsung ke inti artikel yang mana rangkuman 7 negara yang memiliki upah Guru terendah. apakah Indonesia termasuk. berikut kami rangkum dari sumber : theguardian.com

7 Negara Dengan Rata-Rata Gaji Guru Terendah di Dunia


7. Chili – Rp 231 jutaan per tahun

Diawali dari posisi 7 yang mana negara yang berada di daratan Amerika Latin, yaitu Chili. Negara ini dipimpin oleh Presiden Sebastián Piñera ini memberikan gaji rata-rata kepada guru sebesar US$ 16.410 atau setara Rp 231 juta per tahunnya.

6. Brasil – Rp 209 jutaan per tahun

Brasil negara yang terkenal akan penghasil sepak bola dunia ini masuk urutan ke 6, negara ini hanya mampu memberikan upah kepada guru rata-rata sebesar US$ 14.840 atau sekitar Rp 209 juta per tahunnya.

5. Hongaria – Rp 207 jutaan per tahun

Masih dari benua Eropa. Rata-rata gaji guru di Hongaria sendiri mencapai US$ 14.760 atau setara Rp 207 jutaan per tahunnya.

4. Malaysia – 137 jutaan per tahun

Negara tetangga ternyata juga masuk urutan ini yakni Malaysia Negara yang identik dengan adat melayu ini serta dengan adanya bangunan megah Menara Kembar Petronas-nya ini mempunyai rata-rata gaji guru sekitar 40 ribu Ringgit Malaysia atau setara Rp 137 jutaan per tahunnya.

3. India – Rp 42 jutaan per tahun

Masih dari lingkup Asia, ada India yang tergolong dalam negara berkembang layaknya Indonesia. Di negara asal tokoh Mahatma Gandhi ini, para guru diberi upah rata-rata sekitar Rp 42 juta per tahunnya.

2. Gaji guru Indonesia – Rp 40 jutaan per tahun

Ternyata kita mengisi bangku nomor 2, namun jangan bangga ini adalah nomor terburuk yang admin rasakan, kita kalah diberbagai area di asia yang mana rata-rata pendapatan guru yang diraih dalam setahun sekitar US$ 2.830 atau hanya setara Rp 40 jutaan.

1. Gaji guru Pakistan – Rp 22 juta per tahun

Pakistan menjadi negara yang paling kurang makmur bagi para guru karena setiap tahunnya tenaga pengajar di sana hanya diberikan kompensasi sekitar Rp 22 jutaan.

Itulah 7 negara yang memberikan upah terendah untuk guru guru, yang membuat sedih negara besar kita Indonesia juga tercantum dalam urutan tersebut, namun semoga dengan adanya mentri baru ini membuat perubahan dan anak didik yang dihasilkan juga berkualitas dan mampu menjunjung tingga nama besar Indonesia kedepannya. amin. [Sumber : www.moneysmart.id]