Tugas dan Tanggung Jawab Frontliner Bank - Teller

Tugas dan Tanggung Jawab Frontliner Bank - Teller
Pengertian dan Tugas Frontliner - Teller | Jenis Kerja

Fungsi dan Tugas Teller

Dari namanya sudah bisa kita tebak yaitu "Tell" tempat pembayaran yang mana ditambah menjadi Teller yang artinya orang yang bisa menjadi tempat membayar atau menyetor.  untuk fungsi seorang teller adalah memberikan layanan perbankan bagi nasabah dan atau calon nasabah di sebuah Bank.

Fungsi teller pada perusahaan khususnya pada perusahaan Keuangan Bank adalah sangat penting dan sangat krusial karena merekalah yang berkontak langsung dan berkomunikasi dengan nasabah, terkadang komplen juga disampaikan kepada mereka. Teller biasanya akan direkrut dengan bentuk fisik yang menarik atau biasa dibilang ganteng atau cantik. (tidak semuanya seperti ini, hanya kebanyakan saja)

Tugas Teller

  1. Teller harus datang tepat waktu karena merekalah yang akan beriteraksi langsung dengan nasabajh dan perputaran uang akan dikendalikan pada Teller.
  2. Teller harus senantiasa bersikap ramah dan santun agar nasabah nyaman dalam bertransaksi serta, memberi senyum di awal dan akhir pertemuan.
  3. Menjaga penampilan berbusana sesuai standar bank (meja kerja, baju rapi, rambut rapi, mengenakan ID card, dsb.)
  4. Jika ada nasabah ingin setor/tarik tunai maka teller wajib menghitung uang, mengkonfirmasikan jumlah uang kepada nasabah, melakukan perhitungan uang di depan nasabah
  5. Melakukan pembayaran non tunai/tunai kepada nasabah yang bertransaksi non tunai/tunai di counter bank, dan melakukan update data transaksi di sistem komputer bank.
  6. Setelah selesai proses setor/tarik tunai teller wajib memberikan slip kuitansi kepada nasabah yang dan menandatanganinya sebagai tanda tangan pengesahan
  7. Bertanggungjawab terhadap kesesuaian antara jumlah kas di sistem dengan kas di terminalnya.